DESA TANGKIT BARU

Terima kasih anda telah berkunjung di forum " Desa Tangkit Baru " silahkan melakukan registrasi atau masuk menggunakan akun facebook.

Keuntungan registrasi :
~ Anda bisa berkomentar.
~ Membuat topik dan membalas topik.
~ Melihat video dan gambar.
~ Dan tanya jawab

Salam fada idi`
Cucu Fetta Fuang
DESA TANGKIT BARU

AMAN KOMPAK TERTIP INDAH PRODUKTIF

Photobucket Photobucket Photobucket

google+

TAITA WETTUWE

TANGGLA’ IYEWE ULENGNGE

Powered by Forum TangkitBaru

    HBA Bangun Pabrik Pakan Ikan di Tangkit

    Share

    Cucu Fetta Fuang
    Admin

    Jumlah posting : 234
    Bergabung : 24.06.12
    Umur : 31
    Lokasi : Tangkit baru, jambi, indonesia

    HBA Bangun Pabrik Pakan Ikan di Tangkit

    Post  Cucu Fetta Fuang on 12/09/14, 11:19 am



    Tangkit Baru-Muaro Jambi, Meningkatkan produksi ikan di wilayah Jambi khususnya di Desa Tangkit Baru dan sekitarnya sebagai penyuplai kebutuhan konsumsi ikan masyarakat Jambi, Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) menyampaikan pada tahun 2014 ini segera dibangun pabrik pakan ikan terapung.”Tahun 2014 ini kita bangun pabrik pakan ikan terapung dengan dana Rp3,2 milyar bersumber dari APBD Pemerintah Provinsi Jambi,” kata HBA dalam kunjungan kerjanya ke Desa Tangkit Baru Kabupaten Muaro Jambi, Jumat siang (28/3).

    Dijelaskan HBA, selama ini petani sering mengeluhkan ketersediaan pakan ikan untuk meningkatkan produksi serta harga jual yang rendah akibat tingginya harga pakan dipasaran. “Pakan terlalu mahal dan harga jual terlalu murah, akhirnya terpecahkan dengan pembangunan pabrik pada tahun ini,” jelas HBA.

    Pembangunan pabrik pakan ikan diceritakan HBA bermula dari kurangnya produksi ikan di Jambi yang menggugah keinginannya untuk membantu petani ikan dengan melakukan kunjungan kerja di salah satu pabrik pakan ikan di wilayah Bogor, dengan harapan pendirian pabrik pakan ikan di Tangkit mampu meningkatkan hasil serta perekonomian masyarakat. “Pabrik di sini untuk memenuhi kebutuhan daerah Tangkit dan sekitar kota,”jelas HBA.

    Harapan HBA setelah pabrik pakan ikan terbangun, produksi ikan di Provinsi Jambi semakin meningkat dan berkaca pada Unit Pengolahan Ikan di Kemingking mampu menaikkan harga jual ikan yang semula Rp9.000 per kilogram meningkat menjadi Rp14.000 “Unit Pengolahan Ikan (UPI) sudah jalan, harga jual ikan juga meningkat,” kata HBA.

    Selain membangun pabrik pakan ikan terapung, HBA juga menghimbau petani terus mengelola 575 kolam yang sudah dibangun pemerintah untuk terus berproduksi. “Kolam ikan yang dibuka jangan sampai berkurang,” tegas HBA.

    Menurut HBA, Tangkit dulunya sebagai lumbung ikan dan nanas yang sampai saat ini terus didorong produksinya. “Kita terus dukung dengan program Pemprov Jambi,” ungkap HBA.

    Sebelumnya, HBA menunaikan Sholat Jum’at berjamaah di Masjid Saidiyah bersama masyarakat Tangkit Baru.
    Sementara Kepala Dinas (Kadis) Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi H. Saifuddin, A.MK, SE menyampaikan, pabrik pakan ikan akan dibangun di atas lahan seluas setengah hektar untuk menyuplai 2400 kolam yang ada di Tangkit. “Pabrik pakan ikan harus dibangun, yang saat ini akan kita umumkan, selanjutnya diproses untuk pembangunannya,” kata Kadis Perikanan Provinsi Jambi ini Dalam keterangannya, Saifudin menyampaikan, Gubernur Jambi, HBA memberi bantuan bibit ikan sebanyak 1.000.150 untuk 575 kolam ikan.

    “Kita merupakan provinsi kedua untuk pembangunan pabrik pakan ikan dan kita gunakan semua bahan lokal dengan kemampuan produksi 25 ton perhari,” kata Saifudin.

    Berbicara produk pakan, Saifudin menyampaikan, produksi pakan ikan adalah untuk petani lokal dan belum direncanakan dalam skala yang besar. “Produksi kita khusus untuk Jambi,” sebut Saifudin.

    Ikut mendampingi kunjungan kerja Gubernur Jambi, Asisten Ekbang dan Kessos Sekda Provinsi Jambi, Ir.H.Haviz Husaini; Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi; Henrizal, S.Pt,MM; Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan, Ir. Amrin Aziz; Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ir. Akhdiyat; serta Pejabat terkait dari Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi. (lia)



    Sumber : Transparancy.com

      Waktu sekarang 05/12/16, 07:31 pm