DESA TANGKIT BARU

Terima kasih anda telah berkunjung di forum " Desa Tangkit Baru " silahkan melakukan registrasi atau masuk menggunakan akun facebook.

Keuntungan registrasi :
~ Anda bisa berkomentar.
~ Membuat topik dan membalas topik.
~ Melihat video dan gambar.
~ Dan tanya jawab

Salam fada idi`
Cucu Fetta Fuang
DESA TANGKIT BARU

AMAN KOMPAK TERTIP INDAH PRODUKTIF

Photobucket Photobucket Photobucket

google+

TAITA WETTUWE

TANGGLA’ IYEWE ULENGNGE

Powered by Forum TangkitBaru

    6. PERINTISAN BATANG PARIT DIDESA TANGKIT BARU

    Share

    Cucu Fetta Fuang
    Admin

    Jumlah posting : 234
    Bergabung : 24.06.12
    Umur : 31
    Lokasi : Tangkit baru, jambi, indonesia

    6. PERINTISAN BATANG PARIT DIDESA TANGKIT BARU

    Post  Cucu Fetta Fuang on 17/02/14, 09:31 pm

    PERINTISAN BATANG PARIT

    Dengan selesainya pembuatan dasar jalan raya ini dari Desa Tangkit keparit No.10 mengarah keDesa Sungai Terap, maka dengan mudahnya perjalanan ditempuh untuk mendatangi antara setiap batas parit dan untuk mempermudahkan mengetahui arah posisi yang sebenarnya.
    Memperhatikan dengan banyaknya jumlah batang parit yang harus dibuat, penulis (Puang Petta Haji Dunni) beserta rombongannya termasuk Pimpinan Syekh Muhammad Said, dibagi menjadi 4 kelompok masing-masing anggota kelompok beranggotakan 5-6 orang, setiap kelompok masing-masing mengerjakan satu batang parit, sedang panjang yang semestinya harus dirintis, 1500 depa.
    Perintisan jalur posisi batang parit tersebut dilakukan secara kontinyu kurang lebih 4 bulan, karena setiap 500 depa dibuat lagi rintisan melintang sebagai halnya jalan pertama yaitu jalan dari Desa Tangkit ke Desa Sungai Terap, karena itu rintisan melintang dibuat menjadi 3 rintisan yaitu :
    1. Rintisan jalan pertama (Tanah 500)
    2. Rintisan tanah 1000
    3. Rintisan tanah 1500.
    Rintisan cukup lama dikerjakan sebab harus dibuat secara persegi untuk menentukan posisinya dalam hutan, pada perintisan alat-alat perlengkapan tidak boleh ada yang tertinggal terutama sekali kompas dan palang 4. Alat ini sangat berfungsi sebagai menentukan arah jika terdapat kayu yang besar menghalangi rintisan, tanpa alat tersebut rintisan akan membuat rintisan miring atapun meleset. Selama 4 bulan dalam hutan, Syukur Alhamdulillah semua perintisan batang parit telah selesai dirintis dengan tepat artinya tidak adan yang mencong dalam pembuatan batang parit ini.
    Namun rintisan ini hanya dapat bertahan dalam 1 tahun setelah itu rintisan menjadi hilang dan patok-patok penandanyapun sudah mulai hancur membuat perintisan tidak berfungsi lagi, dengan memperhatikan hal tersebut, maka segera disusul dengan pembuatan parit untuk 10 batang parit irigasi dengan ukuran kedalaman seperdua meter dengan lebar 2 hasta. parit pertama bertujuan agar menghindari arahnya parit dan batas parit sewaktu diadakan penebangan nantinya, penggalian itu dilakukan selama 6 bulan secara rutin, adapun galian didalam hutan dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan Patok seperti di atas.

      Waktu sekarang 05/12/16, 07:32 pm