DESA TANGKIT BARU

Terima kasih anda telah berkunjung di forum " Desa Tangkit Baru " silahkan melakukan registrasi atau masuk menggunakan akun facebook.

Keuntungan registrasi :
~ Anda bisa berkomentar.
~ Membuat topik dan membalas topik.
~ Melihat video dan gambar.
~ Dan tanya jawab

Salam fada idi`
Cucu Fetta Fuang
DESA TANGKIT BARU

AMAN KOMPAK TERTIP INDAH PRODUKTIF

Photobucket Photobucket Photobucket

google+

TAITA WETTUWE

TANGGLA’ IYEWE ULENGNGE

Powered by Forum TangkitBaru

    3. CARA PEMBUATAN SELAI NANAS GORENG

    Share

    Cucu Fetta Fuang
    Admin

    Jumlah posting : 234
    Bergabung : 24.06.12
    Umur : 31
    Lokasi : Tangkit baru, jambi, indonesia

    3. CARA PEMBUATAN SELAI NANAS GORENG

    Post  Cucu Fetta Fuang on 13/02/14, 02:01 am

    Proses pertama dalam pembuatan selai nenas goreng adalah menyiapkan bahan-bahnya yaitu nenas, tepung terigu, gula, garam, air, mentega dan minyak goreng.

    Langkah pertama kupas buah nenas kemudian bersihkan setelah bersih nenas diparut dan ditiriskan selama satu hari. Setelah ditiriskan nenas tersebut disangrai dan ditambahkan gula pasir sampai berubah menjadi kecoklatan, masih dalam keadaan panas cetak dalam cetakan alumunium yang berukuran ( 30cm x 30cm ). Setelah selesai proses selanjutnya adalah pembuatan tepung bumbu, langkah-langkahnya adalah mencampur tepung, air, garam, mentega yang telah dicairkan aduk terus sampai bahan benar-benar tercampur. Proses yang terakhir dalam pembuatan selai nenas tersebut adalah penggorengan, selai yang telah dilumuri dengan bumbu digoreng dalam minyak panas sampai berwarna kemerah-merahan, kemudian tiriskan.

    Proses yang kedua adalah proses pengemasan, pengemasan dalam selai nenas goreng terdiri dari tiga jenis pengemasan yaitu plastic, alumunium poil dan anyaman, anyaman terdiri lagi dalam beberapa bentuk seperti tas, belimbing, balok dan kubus, anyaman kemudian dilapisi lagi dengan plastic, hal tersebut bertujuan supaya anyaman tidak kotor dan dapat bertahan lama. Anyaman tersebut dipesan dari pengrajin sekitar sesuai dengan permintaan, pengemasan dilakukan sedemikian rupa untuk menarik perhatian masyarakat. Produk dijual dalam beberapa bentuk seperti yang anyaman berisi dua setengah ons sedangkan dalam pengemasan plastik dan alumunium poil dari setengah kilogram sampai satu kilogram. Harga yang diberikan bervariasi yang berupa anyaman sekitar Rp. 7000 – Rp. 10000 sesuai dengan bentuk dan tingkat kesulitan pembuatan anyaman, dalam pengemasan yang lain dalam satu kilogram mencapai Rp. 35.000. tetapi, permintaan yang banyak berupa anyaman yang dipandang memiliki nilai seni yang tinggi. Melihat hal tersebut pengusaha selai nenas goreng terus meningkatkan kualitas produknya baik dalam rasa maupun pengemasan, bahkan kemasan yang sudah kosong pun tetap dapat di manfaatkan.

      Waktu sekarang 05/12/16, 07:29 pm